Monday, February 18, 2008

Betulin Flashdik & Buat boot linux dari flashdik

FD teman-teman saya rusak tapi masih kedetek, saya coba untuk memperbaikinya, saya tanya ke mbah google & dari beberapa info coba pake "hp drive boot utility" katanya sih bisa betulin fd yang rusak/mati tiba-tiba, saya coba download & instal, ikuti petunjuk pemakaian mudah ko cuma next2 & finish, eh akhirnya berhasil 3 fd teman saya kembali normal, tp bukan itu saja yang membuat saya senang dari sana saya menemukan info bahwa freeware tersebut bisa untuk membuat boot flashdisk and saya coba-coba masukin linux dsl, langkah2nya :

Dowload dulu HP driver boot utility
  • masukkan drive USB yang terdeteksi oleh Windows).
  • Pilih Create New or Replace Existing Configuration, selanjutnya tekan Next
  • Pilih menu Hard Drive kemudian Next lagi
  • Pilih Create New System, kemudian Next again
  • Tunggu hingga proses formatting selesai. Setelah itu, tekan Finish.

Sekarang ekstrak dsl-embedded.zip ke Flashdisk tadi yang sudah di format. Lakukan Overwriting All files ketika proses ekstraksi berjalan dalam USB Flashdisk.
Setelah selesai, Restart komputer dan pilih boot melalui USB-HDD.
Ini dia tampilannya Damn Small Linux v3.4








Berhasil juga saya coba-coba booting dari fd, and sekalian belajar mengenal linux.
Sumber
http://udiens.wordpress.com





No comments: