Monday, March 19, 2012

Modem smartfren EC306-2

Posting kali ini saya akan coba berbagi informasi masih seputar smartfren. Penasaran dengan koneksi smartfren di postingan sebelumnya yang terkadang koneksinya bagus kadang payah, masih ada keraguan dengan kualitas modemnya, kebetulan dikantor perlu tambahan koneksi internet, akhirnya saya coba dengan modem smart EC-306-2.
 

Pilihan jatuh pada modem ini kartena yang pertama unlock kemudian sudah evdo rev B yang mana smartfren di iklannya memberikan kecepatan download up to 14,7 dan upload 5,4 Mbps dengan catatan berlaku untuk kota2 teretentu.

Pulang ke rumah saya coba modem ini, kemudian test kecepatan di sppedtest.net, ternyata hasilnya mengecewakan, sinyal hanya 2 bar, dan kecepatan tidak lebih dari 0.5Mbps, jauh dari harapan.
Besoknya saya bawa ke tempat kerja di jalan pasundan kota Bandung dan saya coba modemnya, ternta lumayan ada perubahan sinyal 4 bar, dan test kecepatan di speedtest bisa mencapai 1 Mbps lebih, untuk lebih jelasnya silahkan lihat hasil pengukuran dibawah ini.

Hasil pengukuran jam 07 pagi

Kemudian sepuluh menit berikutnya....

Yang mengecewakan sekitar jam 10 siang...

Pada saat tulisan ini dibuat saya coba lagi di speedtest dapat kecepatan Download speed 0.46 Mbps dan upload speed 0.51 Mbps, jadi dapat diambil kesimpulan bahwa kecepatan internet smartfren download up to 14.7 Mbps upload up to 5.4 Mbps untuk daerah bandung khususnya jalan Pasundan hanya dapat kecepatan sekitar 1.5 Mbps, dan mungkin saja lebih untuk jam2 tertentu, tapi target saya asal dapat kecepatan tidak kurang dari 1 Mbps sudah cukup karena quota 2 G /hari kalau speed terlalu kenceng juga takut cepet abis tuh quota ..he...he...
Ok dech brow silahkan kasih penilaian sendiri soal provider ini, yang pasti saya hanya berbagi pengalaman tidak bermaksud menjelek2an salah satu ISP, dan juga tidak untuk promosi.




No comments: